SKPD Jangan Pernah Alergi Dengan Wartawan

Minggu, 07 Juli 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sekda Katingan, Ir Christantwo T Ladju
PWI KATINGAN - Sekretaris Daerah Ir Cristantwo T Ladju meminta kepada seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) agar bisa memberikan informasi dan transparan kepada wartawan terkait dengan program-program yang dijalankan di instansinya.

"Khususnya yang terkait dengan kedinasan atau data yang dibutuhkan jurnalis dalam tugas peliputan mereka," kata Cristantwo saat di bincangi Palangka Ekspres, kemarin (21/11).

Ia mengatakan, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap dinas wajib memberikan penjelasan atau keterangan yang sebenar-benarnya kepada siapapun yang membutuhkan informasi.

Menurut dia, memberikan keterangan sejelas-jelasnya kepada wartawan adalah tugas SKPD dalam membantu pemerintah daerah untuk mendorong tersosialisasinya beragam program untuk kepentingan masyarakat.

“Jangan malah menjauhi wartawan dan terkesan menutup-nutpi informasi, asal itu positif kenapa harus takut,” kata Cristantwo.

Setiap SKPD juga harus memiliki orang atau staf yang mampu melaksanakan perannya sebagai juru bicara ketika kepala dinas atau badan tidak berada di tempat bisa juga kepala bidang atau kepala bagian yang mengambil peran tersebut.

Ia mengatakan, sampai kini masih banyak SKPD di lingkungan Pemkab setempat yang belum berperan aktif dalam mendorong keterbukaan informasi publik terbukti masih banyak wartawan yang mengeluhkan sulitnya mencari data untuk diberitakan padahal berkaitan dengan masyarakat.

Padahal kalau tidak berkaitan dengan kebijakan tentunya setiap pejabat yang membidangi informasi yang diperlukan tersebut bisa langsung diakses, kata dia.

“Bahkan, jika diperlukan nanti kita jadwalkan pada setiap SKPD-nya,” tegasnya.

Terpisah, ketua PWI perwakilan Katingan, Usman Sitepu mengaku, undang-undang keterbukaan informasi publik tersebut hendaknya bisa dipahami secara baik oleh pejabat publik karena setiap informasi yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rakyat tidak boleh ditutupi.

"Kami sangat mendukung ide sekda untuk membuat jadwal konfirmasi secara regular agar mampu membuka cara pikir pejabat yang selama ini cenderung masih takut wartawan," ujar usman.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PWI PERWAKILAN KATINGAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger